Senin, 04 Januari 2010

Kemampuan Zat Menghantarkan Arus Listrik


Tiap-tiap jenis kawat penghantar mempunyai besar hambatan yang berbeda-beda sehingga kuat arus listrik yang mengalir melalui penghantar tersebut juga berbeda-beda. Jadi, tiap-tiap zat mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam menghantarkan arus listrik.


Suatu benda yang dapat atau mudah menghantarkan arus listrik disebut konduktor. Benda yang termasuk konduktor antara lain aluminium, perak, seng, besi, tembaga, dan sebagainya.
Semikonduktor merupakan suatu benda yang dapat berfungsi sebagai konduktor dan isolator. Benda yang termasuk semikonduktor, yaitu germanium dan silikon. Sedangkan superkonduktor merupakan suatu benda yang mempunyai daya hantar sangat tinggi sehingga arus listrik dapat mengalir dengan bebas tanpa hambatan.
Muatan-muatan listrik yang tidak sejenis mempunyai sifat tarik-menarik. Gaya tarik-menarik inilah yang akan mengikat elektron-elektron dalam suatu atom. Pada benda konduktor, elektron-elektron dalam atom terikat tidak terlalu kuat. Dengan memberi tegangan yang kecil, elektron-elektron tersebut akan terlepas dan berpindah dari potensial rendah ke potensial tinggi sehingga benda konduktor tersebut dapat dialiri arus listrik. Sebaliknya pada benda isolator, elektron-elektron pada atom terikat sangat kuat dan untuk melepaskannya diperlukan tegangan yang besar. Jadi, pada tegangan yang besar, benda isolator dapat berfungsi sebagai benda konduktor.

1 komentar: